Halaman

Cari Blog Ini

Rabu, 27 Juli 2011

DESKRIPSI TANAMAN BAYAM TANAH


 





DESKRIPSI TUMBUHAN
BAYAM TANAH (Amaranthus blitum Miq)

Bayam berasal dari Amerika tropik. Sampai sekarang, tumbuhan ini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia. Di Indonesia, bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5-2.000 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih subur di. dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas.Ada berbagai macam jenis bayam,salah satunya adalah bayam tanah (Amaranthus blitum Miq).

                  Bayam tanah (Amaranthus blitum Miq)  merupakan tanaman dikotil yang memiliki sifat batang basah (herbaceus) dengan bentuk batang bersegi.Sifat permukaan batang pada bayam, licin beralur dengan arah tumbuh batang yaitu tegak keatas.Tipe percabangan batang pada bayam yaitu tipe percabangan batang monopodial,dengan sifat batang sirung pendek.Arah tumbuh batang yaitu tegak lurus keatas.Berdasarkan panjang umur batang,bayam termasuk tanaman muda (annuus).

                  Tipe perakaran pada tanaman bayam adalah tipe perakaran tunggang dengan sifat akar penghisap/atau penggerak (haustorium).