Halaman

Cari Blog Ini

Rabu, 27 Juli 2011

DESKRIPSI TANAMAN BAYAM TANAH


 





DESKRIPSI TUMBUHAN
BAYAM TANAH (Amaranthus blitum Miq)

Bayam berasal dari Amerika tropik. Sampai sekarang, tumbuhan ini sudah tersebar di daerah tropis dan subtropis seluruh dunia. Di Indonesia, bayam dapat tumbuh sepanjang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5-2.000 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih subur di. dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas.Ada berbagai macam jenis bayam,salah satunya adalah bayam tanah (Amaranthus blitum Miq).

                  Bayam tanah (Amaranthus blitum Miq)  merupakan tanaman dikotil yang memiliki sifat batang basah (herbaceus) dengan bentuk batang bersegi.Sifat permukaan batang pada bayam, licin beralur dengan arah tumbuh batang yaitu tegak keatas.Tipe percabangan batang pada bayam yaitu tipe percabangan batang monopodial,dengan sifat batang sirung pendek.Arah tumbuh batang yaitu tegak lurus keatas.Berdasarkan panjang umur batang,bayam termasuk tanaman muda (annuus).

                  Tipe perakaran pada tanaman bayam adalah tipe perakaran tunggang dengan sifat akar penghisap/atau penggerak (haustorium).


                  Tipe bangun daun pada tanaman bayam tanah adalah bangun daun bulat telur dengan bentuk ujung daun(apex) terbelah (retusus).Pangkal daun (basis) pada bayam berbentuk tumpul.Tipe pertulangan daun pada daun bayam tanah adalah tipe pertulangan daun menyirip (penninervis).Tepi daun pada daun bayam yaitu berombak dengan daging daun (intervenium) tipis lunak (herbaceus) dengan permukaan helaian daun berkerut(rugosus) dengan warna daun hijau tua.Pada tangkai daun bayam terdapat tunas.dan di ujung/pucuk batang terdapat bunga yang berbentuk bulir bewarna hijau.
Daun bayam biasanya dikonsumsi sebagai sayuran,daun bayam segar biasa dipakai sebagai lalapan.Akar tanaman bayam dapat  digunakan sebagai obat herba.Tanaman bayam sering juga digunakan sebagai tanaman hias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar